Berlibur ke Singapura? Berikut Pilihan Aktivitas Berinteraksi dengan Alam Bersama Sang Buah Hati

Excitement

Berlibur-ke-Singapura?-Berikut-Pilihan-Aktivitas-Berinteraksi-dengan-Alam-Bersama-Sang-Buah-Hati-
Ilustrasi keluarga mengunjungi Gardens By The Bay. (DOK. Visitsingapore.com).

KOMPAS.com – Singapura menawarkan beragam paket wisata lengkap untuk wisatawan. Selain terkenal dengan banyaknya wahana hiburan yang selalu diperbarui setiap tahun, Negeri Singa juga memiliki spot wisata alam yang berpadu dengan tata kota dan kehidupan modern.

Jadi, pengunjung akan mendapatkan pengalaman berbeda yang belum tentu bisa ditemukan di negara lainnya.

Dengan kelebihan itu, pengunjung tak perlu khawatir saat berpelesir mengunjungi spot wisata alam bersama keluarga dan membawa anak-anak.

Spot wisata alam yang ada disuguhkan pun beragam, mulai dari taman buatan, gunung, danau, peternakan, hingga kawasan konservasi flora dan fauna.

Lalu, apa saja tempat wisata alam yang menarik untuk anak dan keluarga di Singapura? Simak ulasan berikut.

1. Gardens By The Bay danThe Singapore Zoo

Rasanya tak lengjap jika berkunjung ke Singapura tanpa Gardens by the Bay. Pasalnya, taman seluas 101 hektare yang juga merupakan ikon Negeri Singa ini memiliki berbagai jenis pohon dan tanaman bunga. Kemudian, ada pula dua kubah biodome yang menjadi keajaiban arsitektur, desain, dan teknologi.

Di sana, wisatawan juga bisa menikmati Supertrees atau taman vertikal setinggi 25 hingga 50 meter. Bangunan ini dapat menampung air hujan, mengumpulkan tenaga matahari, dan berfungsi sebagai saluran ventilasi untuk konservatori taman tersebut.

Gardens by the Bay juga memiliki area Children's Garden yang mengombinasikan tiga area bermain untuk anak-anak, yakni The Water Play, Toddler Play, dan The Treehouse. Di sini, anak-anak dapat bermain air di kolam yang luas.

Tak hanya itu, Gardens by the Bay juga memiliki wahana terbaru yang akan membuat wisatawan terpesona, yakni Avatar: The Experience.

Wahana tersebut akan mengajak wisatawan menyusuri dunia asing nan ajaib seperti dalam film Avatar karya sutradara kenamaan, James Cameroon.

Keindahan wahana Avatar: The Experience. (DOK. gardensbythebay.com).

Di sini, wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan dengan makhluk mistis dan tanaman ajaib yang realistis serta menikmati lingkungan bercahaya yang indah layaknya dalam film Avatar, serta mempelajai suku Na’vi di dalam Cloud Forest ikonik.

Seluruh properti serta nuansa di dalam wahana tersebut dibuat semirip mungkin layaknya dalam film Avatar: The Way of Water yang akan dirilis pada Desember 2022. Wisatawan juga daoat mengabadikan momen bersama makhluk-makhluk dari dunia Avatar yang tampak nyata.

Dengan demikian, wisatawan seolah tengah berada di dalam dunia fiksi dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Selanjutnya, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke The Singapore Zoo. Kebun binatang ini menjadi salah satu kebun binatang hutan hujan terbaik di dunia sehingga wajib dikunjungi para pencinta binatang.

The Singapore Zoomenjadi rumah bagi 2.800 satwa dari 300 spesies, termasuk buaya, Tapir Asia, dan harimau putih.

Di kebun binatang tersebut, wisatawan dapat menyaksikan satwa dari dekat, sarapan bersama satwa liar, serta memberi makan hewan, seperti jerapah dan gajah.

Wisatawan dapat mengajak si kecil berinteraksi dengan binatang di The Singapore Zoo. (DOK. visitsingapore.com).

Selain itu, wisatawan dapat mengajak keluarga menyaksikan pertunjukan atraksi spektakuler dari singa laut California di Splash Safari. Untuk mengajak si kecil bermain dengan hewan yang lucu dan jinak, wisatawan dapat mengajak anak ke Kidzworld.

Setelah puas mengelilingi The Singapore Zoo, jangan lupa untuk mengisi pertu ke Ah Meng Kitchen. Di sini, wisatawan dapat mencicipi sajian khas setempat bercita rasa autentik seperti nasi lemak dan laksa.

2. SEA Aquarium dan Adventure Cove experiences

Anda bisa mengajak anak dan keluarga berwisata ke SEA Aquarium yang terletak di Pulau Sentosa. Kawasan ini merupakan habitat bagi lebih dari 100.000 hewan bawah air dari 1.000 spesies, termasuk hiu leopard, kerapu goliath, serta ikan pari manta. 

Berbagai spesies air dari Teluk Benggala, Selat Malaka, Laut Andaman, Danau Besar Afrika Timur, serta terumbu karang pun ada di sana. Dengan begitu, pengetahuan Anda soal ekosistem bahari semakin bertambah. 

SEA Aquarium. (DOK. visitsingapore.com).

Sempatkan diri untuk mampir ke Open Ocean habitat, yakni akuarium berukuran lebar 36 meter dan tinggi sekitar 8,3 meter. Di sini, wisatawan akan merasa seperti berada di dasar laut yang dalam.

Selama berada di Pulau Sentosa, wisatawan juga dapat mengajak anak dan keluarga menikmati wahana air sampai puas di Adventure Cove Waterpark.

Pasalnya, Adventure Cove Waterpark menyediakan berbagai wahana air yang mendebarkan, seperti Pipeline Plunge, Adventure River,Rainbow Reef,Ray Bay, serta Seahorse Hideaway.

Pada wahana Pipeline Plunge, wisatawan dapat menagjak keluarga memacu adrenalin dengan meluncur melewati kelokan serta tikungan nan dramatis sebelum terjun bebas ke dalam kolam air.

Jika ingin merasakan sensasi petualangan, wisatawan dapat mengunjungi Adventure River. Di sini, wisatawan dapat menyusuri taman hutan yang rimbun, gua misterius, serta terowongan dalam air dengan kehidupan bahari nan semarak sejauh mata memandang.

Adventure Cove Waterpark. (DOK. visitsingapore.com).

Selain itu, wisatawan juga dapat mengarungi lautan di antara puluhan ikan pari sembari menyentuh halus sayap mereka di Ray Bay.

Setelah puas menikmati wahaya, wisatawan dapat mengisi ulang energi di Bay Restaurant. Restoran ini menyediakan hidangan Asia dan Barat di udara terbuka dari teras yang menghadap ke taman air. Pemandangan ini sempurna untuk menutup hari wisatawan yang menyenangkan selama di Pulau Sentosa.

3. Hay Dairies Goat and Farm dan Bollywood Farm

Bila mencari tempat wisata alam berkonsep peternakan dan pertanian di Singapura, Anda bisa berkunjung ke kawasan Kranji yang terletak sekitar 22 kilometer di utara pusat kota. Pasalnya, kawasan ini memiliki spot peternakan dan pertanian, yakni Hay Dairies dan  Bollywood Farm.

Sesuai namanya, Hay Dairies Goat and Farm merupakan peternakan kambing di Singapura yang beroperasi sejak 1988. Bermula dari 48 ekor kambing, peternakan ini kini memiliki lebih dari 800 kambing ras campuran. 

Wisatawan berkunjung ke Hay Dairies Goat. (DOK.gallopstable.com).

Ada berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di peternakan itu, seperti melihat perawatan kambing dari dekat, memerah susu kambing, serta memberi makan kambing. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati langsung produk susu yang diproduksi di sana. 

Sebagai informasi, setiap hari, Hay Dairies Goat and Farm mampu menghasilkan 900 sampai 1.000 liter susu. Produk susu dan olahannya tak hanya bisa dibeli di peternakan langsung, tapi juga di toko-toko di Singapura. Peternakan pun menyediakan pengantaran produk langsung ke rumah konsumen. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hay Dairies Goat and Farm, Anda bisa klik tautan ini.

Sementara itu, Bollywood Farm merupakan area pertanian yang terdiri dari ratusan jenis tanaman buah dan sayuran. Hasil taninya dapat dimakan langsung karena metode tanam di sana menggunakan konsep ramah lingkungan, tanpa pupuk kimia, pestisida, hormon pertumbuhan, atau modifikasi genetik.  

Selain menikmati hasil pertanian, wisatawan juga bisa menjajal aktivitas seru di sana, seperti menanam padi, mengikuti lokakarya memasak hasil pertanian yang serba organik, atau menjelajahi jalan setapak yang masing-masing sisinya ditumbuhi tanaman sayuran dan buah-buahan.  Jika ingin menginap, Bollywood Farm juga menyediakan kamp liburan. 

Salah satu sajian di Poison Ivy Bistro. (DOK. bollywoodfarms.com).

Setelah puas mengelilingi Bollywood Farm, wisatawan dapat mengakhiri perjalanan di Poison Ivy Bistro. Di sini, wisatawan dapat menikmati konsep makan farm-to-table dengan pilihan hidangan yang sedap dan segar karena bahannya diambil langsung dari lahan pertanian di sana.Pastikan pula untuk membeli buah, sayuran, dan herbal segar di Earth Shop sebelum Anda pulang.

4. Gallop Stable

Ingin merasakan sensasi berkuda layaknya koboi atau kesatria berkuda? Datanglah ke Gallop Stable, tempat populer bagi wisatawan yang ingin belajar atau mengasah keahlian berkuda.

Selama berada di Gallop Stable, Anda dapat mengajak anak melakukan berbagai aktivitas seru, seperti kursus berkuda, berkuda melintasi alam, serta memberi makan kuda poni. Aktivitas ini dapat membuat si kecil berimajinasi layaknya ksatria gagah berani atau koboi di Gallop Stable.

Gambar orang sedang belajar berkuda di Gallop Stable. (DOK. gallopstable.com).

Bila ingin mendapatkan pemahaman lebih mendalam, Gallop Stable memiliki program camp dan lokakarya khusus untuk Anda yang ingin menikmati dan belajar tentang kuda poni, kuda, dan berkuda.

5. Menginap di Pulau Ubin

Ingin mengajak keluarga Anda menikmati nuansa alam yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan di Singapura? Anda bisa mengajak keluarga ke Pulau Ubin yang merupakan rumah bagi aneka ekosistem.

Selama berada di sana, wisatawan dapat menjelajahi alam liar yang seru dan menantang, baik dengan berkemah, hiking, maupun bersepeda.

Untuk aktivitas bersepeda yang menantang, wisatawan dapat menuju Ketam Mountain Bike Path. Jalur berliku ini membentang sejauh 10 kilometer (km) dengan tanjakan curam dan turunan berbatu. Jalur ini juga akan menantang para penggemar berat olahraga.

Meskipun pesona alam melimpah di Pulau Ubin dapat dilalui dengan berjalan kaki atau naik sepeda, wisatawan dapat menikmati sensai petualangan yang lebih menantang dengan mengikuti tur Mangrove Kayaking Adventure dari Asian Detours.

Tur tersebut akan mengajak wisatawan menjelajahi hutan bakau dan keajaiban alam di Pulau Ubin dengan berdayung santai di atas kayak. Selama mengikuti tur, wisatawan dapat menemukan burung endemik di sana, seperti kingfishers, burung enggang, serta bangau.

Jika beruntung, wisatawan dapat melihat keluarga berang-berang atau kolam lumba-lumba merah muda.

Dengan mengikuti tur tersebut, wisatawan dapat menyusuri pantai Pulau Ubin yang menawan serta dan menjelajahi habitat tropis yang kaya akan satwa liar di Singapura selama empat jam. Klik tautan ini bila ingin mengikuti tur tersebut.

Wisatawan menaiki kayak di Pulau Ubin. (DOK. adventures.network).

Sejak lama, penduduk pedalaman di Pulau Ubin yang jumlahnya kurang dari 100 orang telah hidup bersama dengan berbagai hewan liar, termasuk burung, monyet, dan babi hutan. Tempat ini menjadi destinasi sempurna bagi para pencinta alam.

Selama berada di Pulau Ubin, wisatawan disarankan mengenakan sepatu agar terhindar dari gigitan nyamuk atau serangga. Siapkan juga tabir surya agar sengatan matahari tak berdampak buruk pada kulit. Meski demikian, iklim tropis di Singapura cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Untuk menyempurnakan perjalanan, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan seluruh aktivitas selama di Pulau Ubin. 

6. Sentosa Intertidal Exploration

Selain mengunjungi Singapura secara mandiri, wisatawan juga dapat mengajak anak dan keluarga mengikuti berbagai paket wisata yang menawarkan petualangan seru serta pengalaman baru selama berada di Negeri Singa. Salah satunya adalah paket wisata Sentosa Sentosa Intertidal Exploration.

Melalui paket wisata tersebut, wisatawan akan diajak menepi dari keramaian kota dan menemukan dunia tersembunyi di bawah laut Singapura. Wisatawan diajak mengeksplorasi batu karang, hamparan ladang rumput laut, serta zona pasang surut.

Anda dan keluarga dapat menikmati keajaiban kehidupan laut sembari berinteraksi dengan habitat dan satwa laut lebih dekat di sepanjang di zona intertidal Singapura. Wisatawan juga dapat menjumpai berbagai biota di bibir pantai, seperti kepiting, siput, bintang laut, ikan, serta kerang.

Wisatawan sedang mengikuti tur Sentosa Intertidal Exploration. (DOK. sentosa.com.sg).

Selama mengikuti tur, pemandu berpengalaman akan mengajarkan wisatawan prinsip-prinsip biologi kelautan sederhana. Wisatawan juga akan mendapatkan wawasan tentang berbagai biota di pantai Singapura yang dapat diajak bekerja bersama.Klik tautan ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai tur Sentosa Intertidal Exploration.

Itulah daftar aktivitas seru berinteraksi dengan alam untuk pilihan liburan bersama anak dan keluarga di Singapura. Masing-masing spot wisata menawarkan keseruan dan pengalaman berlibur berbeda. Jadi, tunggu apa lagi? Hidupkan kembali impianmu ke Singapura. Rencanakan liburanmu sekarang! #SingapoReimagine #VisitSingapore.

Kembali