10 Halal Street Food Berikut Wajib Dicicipi saat Berlibur ke Singapura

Food and Dining

10-Halal-Street-Food-Berikut-Wajib-Dicicipi-saat-Berlibur-ke-Singapura
Street food di Singapura (Dok. Shutterstock/T.Dallas)

Liburan ke Singapura rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi street food atau jajanan kaki lima yang dijajakan di hawker atau tenda makanan. Apalagi, negara multietnis tersebut kaya akan keberagaman kuliner sehingga street food yang tersedia juga begitu kaya cita rasa.

Tak heran, Singapura menempati peringkat pertama dari 50 negara dalam World’s Best City for Street Food versi CEOWORLD Magazine 2019. Menyandang titel tersebut, Negeri Singa pun menjadi magnet bagi banyak wisatawan yang mengincar wisata kuliner street food.

Sebagai referensi, berikut 10 outletstreet food autentik yang lezat dan wajib dicicipi saat berlibur ke Singapura. Bagi wisatawan muslim, jangan khawatir, karena semua rekomendasi street food di bawah ini sudah terjamin halal.

1. Mr and Mrs Moghan’s Super Crispy Roti Prata

Roti Prata dari Mr and Mrs Mohgan’s Super Crispy Roti Prata (Dok. Sethlui.com/Nicole Lam)

Bila Anda ingin mencicipi roti prata khas India yang terkenal akan cita rasanya yang unik, datanglah ke Mr and Mrs Mohgan. Pasalnya, roti prata yang disajikan di restoran ini merupakan salah satu yang terbaik di Singapura.

Untuk diketahui, roti prata Mr and Mrs Mohgan memiliki tekstur yang sangat renyah saat digigit, tetapi lembut di bagian dalam. Tekstur seperti ini jarang ditemukan pada sajian roti prata lain.

Adapun varian roti prata yang disajikan di restoran itu adalah Plain Prata, Egg Prata, Onion Prata, Plaster Prata, dan Mushroom Prata. Harganya pun terjangkau, yakni berkisar dari 1 hingga 2 dollar Singapura per porsi.

Untuk lokasi, Mr and Mrs Mohgan terletak di 300 Joo Chiat Road Tin Yeang Restaurant, Singapura. Tempat ini buka mulai pukul 06.30 hingga 13.30 waktu Singapura.

2. Sungei Road Laksa

Hidangan laksa dari Sungei Road Laksa (Dok. Misstamchiak.com/Maureen)

Mencicipi laksa wajib hukumnya jika mengunjungi Tanah Melayu di Asia Tenggara.Menilik sejarahnya, laksa adalah sajian mi asal China dengan kuah kaya rasa karena dibuat menggunakan rempah-rempah.

Namun, setelah masuk ke Tanah Melayu di Asia Tenggara, sajian mi tersebut disesuaikan dengan selera lokal di setiap negara.

Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi laksa di Singapura adalah Sungei Road Laksa. Restoran street food ini membanderol menu tersebut hanya dengan 3 dollar Singapura.

Adapun restoran tersebut terletak di 27 Jalan Berseh, 01-100, 200027, Singapura dengan waktu operasional mulai pukul 09.30 hingga 16.00 waktu setempat. Restoran tutup setiap Rabu.

3. Haron Satay

Haron Satay (Dok. Instagram @haronsatay55)

Meskipun sate banyak ditemukan di Indonesia, tak ada ruginya mencicipi sate khas Singapura. Sebab, sate yang disajikan di Singapura memiliki rasa yang khas lagi lezat dan berbeda dari sate di Indonesia.

Haron Satay merupakan salah satu restoran yang menyediakan sate khas Singapura. Layaknya di Indonesia, sate di restoran ini disajikan dengan sambal kacang. Hanya saja, kondimen tersebut ditempatkan dalam wadah terpisah agar bisa dinikmati sambil dicocol.

Tanpa sambal kacang pun rasa sate sebenarnya sudah lezat karena daging yang digunakan telah dimarinasi dengan berbagai bumbu sebelum dibakar.

Untuk melengkapi sajian, sate di restoran itu juga disajikan dengan ketupat dan irisan mentimun.

Terdapat tiga varian daging sate yang disajikan oleh Haron Satay, yakni ayam, sapi, dan domba. Ketiganya dibanderol mulai dari 0,70 dollar Singapura dengan minimal pembelian 10 tusuk sate.

Apabila ingin mengunjungi restoran tersebut, silakan datang ke 1220 ECP, #55 East Coast Lagoon Food Village, 468960, Singapura. Restoran ini buka mulai pukul 15.00 hingga 20.00 waktu setempat dan tutup pada Senin dan Selasa.

3. Jinjja Chicken

Aneka menu Jinjja Chicken (Dok. Instagram @jinjjachicken)

Jinjja Chicken adalah restoran fast food yang menyajikan berbagai kuliner street food dengan cita rasa Korea, seperti burger, sayap ayam goreng, kue beras, dan dumpling.

Harga setiap makanan pun beragam, tapi tetap bersahabat karena restoran tersebut menyasar siswa sekolah.

Karena memiliki banyak cabang, Anda bisa mendatangi gerai Jinjja Chicken terdekat dengan tempat menginap atau atraksi wisata yang dikunjungi Salah satunya, di Victoria St, #01-11, Singapore 188067. Restoran ini buka mulai pukul 11.00 hingga 21.00 waktu setempat.

4. Manhattan Fish Market

Menu Manhattan Fish Market (Dok. Instagram @manhattan_fish_market)

Pencinta makanan laut atau seafood wajib mengunjungi restoran yang satu ini. Pasalnya, Manhattan Fish Market menyajikan beragam paket makanan laut yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Belum lagi, Singapura merupakan negara yang dekat dengan laut. Jadi, kualitas hidangannya tidak usah diragukan lagi. Anda juga bisa memilih bumbu dan saus yang beragam untuk menambah kenikmatan hidangan laut.

Apabila ingin mencicipi hidangan laut di Manhattan Fish Market, Anda bisa mengunjungi restoran ini setiap hari pukul 11.00 hingga 22.00 waktu Singapura. Adapun lokasinya terletak di 930 Yishun Ave 2, #02 - 07, 769098, Singapura.

5. My Kampung

Hidangan restoran My Kampung (Dok. Capitaland).

Ingin mencicipi makanan lokal yang beragam dengan rasa lezat dan harga terjangkau? Restoran My Kampung bisa jadi pilihan.

Restoran tersebut menyediakan makanan lokal yang dibanderol mulai dari 3,5 hingga 7,5 dollar Singapura. Pilihan menunya pun beragam dengan porsi yang cukup mengenyangkan, seperti Mee Hoon, Fried Kway Teow, dan Tom Yum Fried Rice. Menu yang disajikan cocok untuk dicicipi saat ingin makan makanan berat.

My Kampung terletak di 18 Yishun Avenue 9, #02-01, Junction Nine, 768897, Singapura. Anda bisa mengunjungi restoran ini setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 21.30 waktu setempat. 

6. Hill Street Fried Kway Teow

Menu Char Kwey Teow dari Hill Street Kway Teow (Dok. Sethlui.com/Weiyu Lim)

Restoran yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Pasalnya, restoran ini menyajikan mi goreng khas China, kway teow, dengan harga terjangkau, yakni mulai dari 3 hingga 4,5 dollar Singapura.

Untuk diketahui, kway teow merupakan mi kuning khas China yang disajikan dengan telur dan sosis khas China sweet lup cheong. Ada pula taburan tauge renyah daun bawang China. Anda pun bisa memilih varian topping, seperti daging, ayam, dan makanan laut, untuk menambah kelezatan kway teow.

Kelezatan dari menu tersebut mengantarkan Hill Street Fried Kway Teow sebagai salah satu Michelin Guide Singapore pada 2019.

Anda bisa menemukan restoran itu di #01-41, 16 Bedok South Road, 460016, Singapura. Restoran buka setiap Selasa sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.30 hingga 16.45 waktu setempat.

7. Seoul Garden

Menu grill dan hotpot buffet Seoul Garden Singapura (Dok. Instagram @seoulgardensingapore)

Selain Jinjja Chicken, restoran khas Korea yang bisa didatangi saat liburan di Singapura adalah Seoul Garden. Restoran ini menyediakan menu grill dan hotpot buffet, serta aneka kue, olahan buah, dan minuman sebagai makanan penutup yang tak kalah lezat.

Bagi Anda yang berwisata bersama banyak anggota keluarga atau teman, restoran tersebut sangat cocok untuk didatangi.

Restoran Seoul Garden buka setiap hari. Untuk mendatangi restoran, silakan pilih lokasi terdekat dari penginapan. Sebab, restoran ini memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh penjuru Singapura.

8. Koh Nangkam

Aneka hidangan makanan restoran Koh Nangkam (Dok. Instagram @kohnangkam)

Restoran Koh Nangkam wajib masuk dalam bucket list untuk mewarnai wisata kuliner selama berada di Singapura. Pasalnya, restoran ini menghidangkan aneka makanan khas Thailand yang lezat dan unik dengan harga terjangkau.

Di restoran tersebut, Anda bisa mencicipi tom yam, mi rebus daging, dan kare tradisional khas Thailand. Tentunya, seluruh menu yang dihidangkan memiliki rasa yang lezat dan kaya cita rasa.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet khusus vegetarian, tempat ini juga cocok untuk didatangi. Sebab, Koh Nangkam menyediakan sejumlah menu tanpa bahan makanan hewani.

Adapun Koh Nangkam berada dekat dari kawasan Little India, tepatnya di 6 4 Jalan Kledek, Singapura 199261, Singapura. Anda bisa mendatangi restoran ini setiap Senin sampai Jumat pukul 11.30 hingga 20.30 waktu setempat.

9. The Social Outcast

Menu Moluccas Beef Strib dari The Social Outcast (Dok. Instagram @dsocialoutcast)

Restoran ini terbilang unik karena menyediakan berbagai olahan daging sapi, domba, dan ayam, serta makanan laut yang dimasak dengan cara dipanggang atau diasap secara tradisional, yakni menggunakan bara api.

The Social Outcast buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 23.00 waktu Singapura. Silakan kunjungi restoran ini di The Grandstand, 200 Turf Club Road (Facing The Car Mart), #01-35A, 287994, Singapura.

Itulah sepuluh referensi street food halal yang bisa Anda jajal selama berlibur di Singapura. Yuk, segera rencanakan liburan impian ke Singapura mulai sekarang.

 

Kembali