Pulihkan Jiwa dan Fisik, Ini Rekomendasi Healing Trip di Singapura yang Ramah Lingkungan

Wellness

Pulihkan-Jiwa-dan-Fisik,-Ini-Rekomendasi-Healing-Trip-di-Singapura-yang-Ramah-Lingkungan
Bersepeda di sekitar Coney island, Singapura. (Dok. gov.sg)

Selama ini, Singapura menyandang citra sebagai negara dengan pemandangan perkotaan modern, surga belanja barang-barang dari merek ternama, dan kota yang sibuk.

Kenyataannya, negara yang dijuluki Negeri Singa itu juga bisa dijadikan destinasi wisata untuk healing trip. Ini tak terlepas dari kebersihan lingkungannya yang terjaga.

Melansir laman newscientist.com, Rabu (24/3/2021), lingkungan yang bersih berperan besar dalam  memperbaiki kondisi psikologis seseorang, meningkatkan kebahagiaan, mengurangi emosi negatif, mendorong interaksi sosial yang positif, dan membantu membangkitkan hasrat hidup.

Sementara itu, menurut laman tourradar.com pada 2020, Singapura merupakan negara terbersih di  benua Asia karena mampu mempertahankan ruang hijau demi mempertahankan prinsip sebagai kota berkelanjutan.

Maka dari itu, Singapura menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran melalui   berbagai kegiatan menarik. Berikut kegiatan healing dan informasi mengenai lokasinya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Singapura. Seluruh destinasi ini sudah memperhatikan sustainability.

Menikmati alam

Meski dikelilingi dengan berbagai gedung dan bangunan modern, Singapura juga memiliki beberapa lingkungan dengan pemandangan alam yang indah. Berikut destinasi wisata nan asri di Singapura.

1. Southern Ridge

Melintasi Southern Ridge akan memberikan kamu pengalaman luar biasa. Pasalnya, jembatan sepanjang 10 kilometer (km) ini dibangun di atas sejumlah tempat-tempat menarik, seperti bukit, taman, dan kebun, dengan panorama alam menakjubkan. 

Southern Ridge berada di bagian timur Distrik Danau Layton yang masuk dalam regional Cheelah.

Jembatan Southern Ridges di Singapura. (Dok. Shutterstock/Keitma)

2. Sungei Buloh Wetland Reserve

Salah satu spot menarik yang akan dilewati adalah Sungei Buloh Wetland Reserve yang merupakan taman warisan ASEAN pertama di Singapura.

Destinasi tersebut terletak di ujung barat laut Singapura, tepatnya di area Neo Tiew Crescent.

Spot tersebut menyimpan banyak keanekaragaman hayati. Contohnya, ratusan spesies burung, termasuk burung migran langka, seperti Asian dowitcher dan whimbrel.

Di lahan basah tersebut, kamu juga bisa menemukan beragam satwa liar khas kawasan bakau, seperti lumba-lumba raksasa, kepiting pemanjat pohon, buaya muara, dan berang-berang.

3. Singapore Botanic Gardens

Selain itu, ada pula Singapore Botanic Gardens yang terletak di distrik Orchard Road. Taman sekaligus kebun raya ini merupakan satu-satunya situs di Singapura yang masuk daftar Situs Warisan UNESCO. Eksistensi obyek wisata ini di dalam daftar tersebut melengkapi jajaran landmark ikonik, seperti Angkor Wat di Kamboja dan Tembok Besar di China.

Untuk diketahui, Singapore Botanic Gardens didirikan pada 1859. Dengan usia yang sudah mencapai 162 tahun, kebun raya ini telah mengalami banyak perkembangan sejak pembuatannya. Kini, fungsinya tak sekadar sebagai sarana rekreasi, tapi juga untuk edukasi, penelitian, dan konservasi, serta budidaya perkebunan karet yang dilakukan sejak 1875.

Singapore Botanic Gardens. (Dok. gov.sg)

Setelah Singapore Botanic Gardens, kamu akan melewati National Orchid Garden (NOG). Pengalaman luar biasa dan sangat berharga akan kamu temukan di sini. Sesuai namanya, kebun ini merupakan rumah bagi berbagai anggrek pegunungan tropis.

Belum lama ini, taman anggrek nasional tersebut meluncurkan atraksi baru, yaitu rumah kaca berpendingin udara yang dinamakan Tropical Montane Orchidetum. Selain anggrek, di dalam atraksi ini juga terdapat berbagai jenis bunga dan pakis dengan warna-warna yang cantik. 

Bagi yang ingin menikmati pemandangan alam nan hijau, kamu juga bisa mengunjungi Cagar Alam Bukit Timah yang merupakan bukit tertinggi di Singapura. Di sini, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seru, seperti mendaki, bersepeda, dan menikmati keindahan Danau Granit.

Cicipi kuliner sehat

Sebagai negara yang mengusung konsep sustainability, Singapura memiliki banyak tempat makan atau restoran yang turut mengusung konsep serupa.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin melakukan healing trip dengan mencicipi berbagai jenis kuliner sehat, berkunjung ke Singapura bisa jadi solusi. Berikut rekomendasi restoran sehat yang bisa dikunjungi.

1. Green Common

Adapun salah satu restoran yang bisa kamu kunjungi adalah Green Common yang beralamat di VivoCity, 1 HarbourFront Walk.

Tempat tersebut merupakan salah satu restoran berkelanjutan yang mengusung konsep alami dan santai. Konsep itu dapat terlihat dari banyaknya tanaman hijau yang disematkan pada area restoran.

Restoran tersebut juga dikelilingi dengan jendela besar agar pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar sekaligus merasakan kehangatan cahaya matahari.

Adapun beberapa menu andalan pada Green Common adalah omni luncheon friesomni musubi, K-pear garden, dan HK style french toast.

2. NOKA

Selain Green Common, ada juga restoran lain dengan konsep menarik, yaitu NOKA yang berada di kawasan Funan Mall di North Bridge Road.

Restoran tersebut merupakan rumah makan Jepang dengan konsep sajian makanan segar. Adapun beberapa produk segar yang mereka gunakan, terutama sayuran diambil langsung dari urban farm yang ada pada taman atap Funan Mall.

Beberapa menu andalan di restoran ini adalah Kanpachi Carpaccio, sashimi, cumi hitam, tempura, dan hati sapi dengan bayam Hokkaido. Makin spesial karena restoran satu ini menyediakan menu omakase

Suasana di Restoran Open Farm Community (openfarmcommunity.com)

3. Open Farm Community

Bagi yang senang dengan restoran yang mengusung konsep terbuka atau outdoor, kamu juga bisa mengunjungi restoran, seperti Open Farm Community yang terletak di Dempsey Road.

Untuk diketahui, tempat makan pada restoran ini terbagi dalam beberapa bagian. Salah satunya, ada yang terletak di area perkebunan. Konsep tersebut dipilih agar pengunjung dapat mempelajari dan mengenal lebih jauh bahan makanan yang berasal dari sumber alamiah.

Tak hanya itu, Open Farm Community juga memiliki taman bermain untuk anak-anak.

Beberapa menu andalan di restoran tersebut adalah OFC garden cupsmashing good thyme, tumis kerang, omelet panggang, jagung manis dengan bubuk paprika, dan barramundi panggang.

Olahraga

Singapura merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi kesehatan masyarakatnya. Oleh karena itu, pemerintah setempat terus berinovasi dengan menyediakan berbagai fasilitas publik untuk menunjang kesehatan masyarakat sekaligus menikmati pemandangan alam.

1. Olahraga air di HydroDash

Untuk menikmati fasilitas tersebut di Singapura, kamu bisa melakukannya dengan berkunjung ke HydroDash yang terletak di Pantai Palawan.

Sebagai informasi, HydroDash adalah taman air terapung di Singapura yang baru dibuka pada September 2020. Obyek wisata ini terdiri dari empat zona dengan tingkat kesulitan berbeda.

Adapun permainan yang bisa dicoba di HydroDash adalah trampolin, lompat, ayunan, dan perosotan.

Suasana di HydroDash Singapura (Dok. hydrodash.com.sg)

2. Jaga kebugaran di Fit Bloc

Fit Bloc adalah adalah arena bouldering pertama dan terbesar di Singapura. Di tempat ini, Anda dapat melakukan aktivitas mendaki di tiga arena berbeda.

Selain arena mendaki, Fit Bloc juga dilengkapi dengan fasilitas gym dan kolam renang. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kebugaran dengan melakukan olahraga sesuai yang diminati.

3. Pacu adrenalin di Adventure Cove Waterpark

Bagi yang ingin berenang sekaligus memacu adrenalin, Anda dapat berkunjung ke Adventure Cove Waterpark dan mencoba wahana, seperti Pipeline Plunge, Riptide Rocket dan Tidal Twister.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati berbagai fauna laut yang ada pada tempat tersebut.

Itu tadi tiga aktivitas healing yang bisa kamu coba saat berada di Singapura lengkap dengan lokasinya. Bayangkan, berlibur di sana membuatmu mendapat pengalaman liburan berkualitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membuat pikiran jadi lebih segar.

Saat berada di sana, kamu bisa memilih salah satu ataupun melakukan semua aktivitas tersebut.

Terpenting, pilih aktivitas yang kamu senangi agar pengalaman saat di Singapura jadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Jadi, tetap jaga kesehatanmu dan rencanakan liburan ke Singapura sekarang juga.

 

Kembali